Microbot Technology

Minggu, Agustus 14, 2011

Beberapa waktu yang lalu ilmuwan dari Departemen Energi Argonne baru saja menciptakan kreasi teknologi yang menarik. Para ilmuwan tersebut menciptakan mikrobot yang memiliki ukuran 0,5 milimeter saja. Mikrobot ini dapat menggabungkan diri dan membawa objek yang memiliki ukuran 4 kali lebih besar dari ukurannya.
Jika diamati menggunakan mikroskop, robot yang berskala milimeter tersebut dapat menggerakkan “rahangnya” untuk bergerak memutari sebuah obyek beberapa kali dan bahkan mampu menggerakkan serta memindahkan objek lain.
Mikrobot ini terbuat dari mikropartikel yang tidak dapat bergerak sendiri dan hanya dapat digerakkan menggunakan remote, salah satu kehebatan yang dimiliki oleh mikrobot ini yaitu kemampuannya untuk memperbaiki diri sendiri.
Mikrobot ini akan bergerak merespon medan magnet di dekatnya. Mikrobot ini dapat membentuk diri seperti bintang dan mampu bergerak memutar.
Meskipun mikrobot ini masih dalam tahap penelitian, hasil penggunaan mikrobot ini bisa memiliki implikasi ganda. Mikroobot ini bisa memanipulasi reaksi kimia, membawa/ melakukan perawatan medis untuk tempat-tempat tertentu dalam tubuh, menghilangkan partikel untuk studi lebih lanjut atau membersihkan suatu permukaan.
Video :


0 komentar:

Posting Komentar

IP