Fake Firefox

Rabu, Agustus 10, 2011

Seorang peneliti dari Sophos mengingatkan perihal adanya virus yang mengancam para pengguna Mozilla Firefox.
Peneliti tersebut mengatakan, software tersebut dirancang khusus untuk menginstall  antivirus palsu lewat sebuah halaman palsu Firefox Update dan menginfeksi PC anda dengan suatu virus.
Melalui halaman tersebut, anda akan diminta untuk mengupdate browser Firefox ke versi yang lebih baru atau mengupdate Adobe Flash Player.
Tetapi pada kasus ini, anda tidak perlu mengklik tombol apapun karena kotak dialog download akan muncul secara otomatis dan anda akan diminta untuk menyimpan file “ff-update.exe” tersebut kedalam komputer.
Begitu anda menyimpan dan menjalankan file tersebut, maka akan muncul anti virus bernama “Security Tool” dimana anti virus tersebut akan menampilkan hasil scan terhadap sistem komputer anda. Anti virus tersebut selanjutnya akan memunculkan peringatan sebagai berikut :
“mspaint.exe is infected with Virus.DOS.Glew.4245. This worm is trying to send your credit card details using mspaint.exe to connect to remote host”
Untuk dapat menghapusnya, anda akan dikenakan sejumlah biaya pembayaran.
Sebenarnya software anti virus tersebut sedang mencoba mengalihkan perhatian anda, sedangkan virus tersebut tetap bekerja secara underground terhadap PC anda.
Menurut perusahaan keamanan F-Secure, tindakan cyber crime ini mencoba memanfaatkan kepercayaan user terhadap nama besar Firefox dengan membuat salinan palsu dari halaman update Firefox.

0 komentar:

Posting Komentar

IP